Tips Lomba Burung

Pada artikel kali ini kami akan membagi tips kepada anda yang memiliki burung berkicau yang sudah anda persiapkan dengan baik untuk mengikuti kontes atau lomba.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi fisik, kondisi mental, dan kualitas suara burung berkicau anda sebelum mengikuti perlombaan karena bisa jadi burung anda rajin berkicau dan mempunyai kualitas suara yang baik ternyata ketika mengikuti perlombaan malah diam dan tidak berkicau.

Pada akhirnya anda akan merasa kecewa terhadap penampilan burung anda yang bisa disebabkan faktor kurang persiapan.

Apakah anda sering mengalaminya ??

Burung yang akan anda ikutkan ke perlombaan harus memenuhi syarat yaitu memiliki volume suara yang baik, kondisi fisik yang baik, mental terjaga, dan memiliki variasi suara yang baik.

Semua syarat tersebut harus terpenuhi agar burung kita bisa mengikuti acara lomba dengan baik dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya burung yang diam dan ngambek selama pertandingan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan saat mengikuti lomba burung. 

Dalam mengikuti lomba, kondisi mental dan performa burung harus tetap stabil di lapangan lomba yang bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti di bawah ini, yaitu :

  • Dalam 1 atau 2 minggu menjelang hari H lomba sebaiknya burung dipisahkan dan tidak boleh dipertemukan dengan burung sejenis atau lawan jenis. Namun untuk burung tertentu seperti burung anis merah boleh dipertemukan dengan burung betina pada 2-3 hari H perlombaan.
  • Sebelum mengikuti perlombaan burung harus lebih sering diberi kain penutup (dikerodong). Kerodong ini boleh dibuka namun hanya untuk pemberian pakan dan mandi, ataupun dijemur.
  • Beberapa saat sebelum melakukan perjalanan menuju tempat perlombaan sebaiknya burung diberi makanan yang alami dan segar seperti pisang, apel, pear, papaya ataupun buah-buahan lain.
  • Selain itu kroto (telur semut) juga bisa diberikan secara rutin pada 4-5 hari sebelum hari H pertandingan. Jangan diberi kroto secara berlebihan karena kroto yang tersisa di dalam kandang bisa menjadi busuk. 
  • Semprot burung anda sebelum berangkat menuju area perlombaan untuk menjaga kesegaran burung dan menghindari kepanasan.
  • Selama perjalanan menuju area perlombaan sebaiknya burung dikerodong dengan rapat dan ukuran kain kerodong harus benar-benar pas dengan ukuran kandang.
  • Jangan memberikan obat anti stres pada burung jika jarak area perlombaan tidak terlalu jauh dari rumah anda. Akan tetapi anda bisa memberikan obat anti stres pada 2-3 hari sebelum hari H perlombaan jika jarak perjalanan ke area perlombaan bisa memakan waktu yang lama hingga 3 jam lebih.
  • Biasakanlah tiba di area perlombaan 2 jam sebelum pertandingan agar burung anda bisa beradaptasi dengan area lomba dan tidak merasa kaget. Selain itu untuk memberikan waktu istirahat setelah melakukan perjalanan jauh.
  • Cari tempat yang teduh dan jauh dari burung peserta lomba lain di area perlombaan untuk tempat menggantung burung dan kerodong bisa dibuka sedikit untuk memberikan sedikit udara segar.
  • Untuk membuat kondisi burung anda menjadi lebih segar, anda bisa memberi makan jangkrik, kroto ataupun ulat hongkong.

Semoga informasi dan tips-tips di atas yang telah kami berikan cukup bermanfaat bagi anda yang ingin agar burung anda bisa tampil dengan baik pada acara perlombaan.

 

One comment on “Tips Lomba Burung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s