Elang Alap Jepang

Elang alap jepang

Elang-alap jepang memiliki nama latin Accipiter gularis. Burung  ini termasuk salah satu dari sekian banyak burung pemangsa. Adapun elang, alap-alap, termasuk dalam keluarga burung pemangsa. Burung ini termasuk burung yang lincah.

  • Ciri fisik

Elang ini memiliki ukuran sekitar 27 cm. Burung  jantan, tubuh bagian atas berwarna abu-abu, dan ekor berwarna  abu-abu dengan beberapa garis melingkar berwarna gelap, dada dan perut merah karat pucat dengan garis-garis hitam sangat tipis di tengah dagu, garis kumis tidak jelas.

Sementara pada  yang betina, tubuh bagian atas berwarna coklat, bagian bawah tanpa warna karat, bergaris-garis coklat melintang rapat.

  • Distribusi dan Migrasi

elang alap jepang 2

Elang-alap jepang bisa ditemukan di Mongolia, Cina , Taiwan, dan Pulau Sakhalin. Dan mereka juga bermigrasi hingga ke Indonesia dan Filipina.

Di Indonesia, daerah Solo adalah daerah yang sering dilintasi Elang-alap jepang. Di Indonesia, tersebar di Riau, Nias  dan Kepulauan Lingga, Bangka Belitung, hingga Kalimantan.

  • Tempat Hidup dan Kebiasaan

Berburu di atas hutan sekunder, dan wilayah terbuka. Biasanya berburu dari tenggeran di pohon, tetapi kadang-kadang terbang berputar-putar untuk mengamati situasi di bawahnya dengan cara terbang “kepak-kepak-luncur” yang khas. Menyerang pendatang yang mendekati sarangnya dengan agresif.

  • Makanan

Makanan utamanya adalah burung-burung kecil keluarga passerine dan sesekali memakan burung berukuran sedang seperti burung merpati. Juga memakan reptil, tikus, serangga, dan juga kelelawar.

elang alap jepang 3

  • Perkembangbiakan

Biasanya berbiak pada bulan Juni di Siberia selatan, sedangkan di Jepang dan China lebih awal lagi. Sarang berukuran kecil, disusun dari ranting dan daun. Jumlah telur pada umumnya 2 hingga 5 butir, dengan waktu pengeraman sekitar 25 sampai 28 hari.

  • Sarang

Sarang kecil sederhana, terbuat dari ranting dan kulit kayu, disulami dengan daun-daunan hijau, terletak di ketinggian 10 meter dari atas tanah. Tidak ada data ukuran sarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s