Remetuk Laut

remetuk laut

Burung ini disebut Golden Bellied Gerygone dan umumnya disebut Remetuk laut di Indonesia. Burung ini memiliki nama ilmiah Gerygone Sulphurea.

Remetuk laut memiliki suara nyanyian yang khas berupa siulan dengan 3 hingga 5 nada lemah yang bergetar mendayu-dayu, yang mengalun perlahan dari nada ke nada dalam variasi nada yang menurun.

Suaranya yang khas sering membuat burung ini menjadi incaran para penggemar burung berkicau untuk di jadikan peliharaan atau mungkin sekedar rasa rindu akan kampung halaman di pedesaan.

Burung ini tidak banyak di jual di pasaran, walaupun di habitat aslinya burung ini masih banyak sekali dan mudah ditemukan.

Kemungkinan karena burung mudah sekali terserang stres.

Di habitat asalnya, di alam liar, burung ini sering bersiul di pagi dan sore hari di antara semak-semak belukar atau ranting-ranting pohon yang rimbun di dekat aliran sungai.

  • Ciri-ciri fisik

Remetuk laut memiliki tubuh yang sangat kecil. Panjangnya hanya sekitar 9 hingga 9,5 cm. Kepala dan punggung berwarna kelabu, bagian dagu di bawah paruhnya berwarna putih. Tenggorokan, dada hingga perut berwarna kuning terang. Paruh, iris serta kaki berwarna hitam.

remetuk laut 2

  • Wilayah penyebaran

Remetuk laut menyebar di daerah Asia meliputi Filipina, Sulawesi, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali hingga ke Nusa Tenggara.

  • Makanan

Di habitat aslinya remetuk laut memakan serangga kecil seperti ulat dan juga telur semut. Jadi bila anda memiliki keinginan untuk memeliharanya, anda harus memberikan pakan berupa serangga kecil atau ulat atau juga kroto. Burung ini suka sekali bersembunyi di dedaunan yang rimbun. Jadi jangan biasakan menaruhnya di tempat terbuka. Anda bisa menaruh sangkarnya di bawah pohon yang rimbun agar burung ini rajin berbunyi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s