Cara Ternak Kenari
Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari – Burung kenari saat ini sangat banyak di gemari oleh para pecinta burung kicau, selain warna dan suara kicau yang bagus burung kenari sangat menjajikan untuk di jadikan bisnis, karena harga jual burung kenari anakan saja bisa mencapai 150 sampai 200 ribu perekor belum lagi kalau burung ini sudah jadi pastinya harganya akan lebih mahal.

Untuk bisnis kenari ini kita bisa memulainya dengan cara ternak kenari terlabih dahulu, dengan ternak tentunya kita akan mendapatkan hasil yang bagus, yaitu dengan menjual anakkan atau bakalan kepada pecinta burung kicau untuk di jadikan burung master, adapaun bagi anda yang mau mencoba bisnis ini berikut akan admin sampai cara ternak kenari.

  1. Anda memulai dengan mempersiapkan kandang atau sangkar dengan ukuran P->60cm L->40cm dan T->40cm untuk bagi anda yang baru memulai bisnis ini sebaiknya anda persiapkan 2 atau 4 kandang saja, tempatkan kandang yang aman dari ganguan predator semacam tikus misalnya.
  2. Mempersiapkan indukan kenari sebaiknya anda memilih kenari yang harganya jangan terlalu mahal apa lagi untuk yang baru mau belajar, sebaiknya anda memilih kenari yang sudah gacor saja harga kisaran 250 sampai 300 untuk jantan siapkan 2 ekor saja dan pilih indukan betina yang sudah pernah menghasilkan, karena biasanya burung kenari betina yang masih dara sedikit sulit untuk di jadikan induka, untuk indukan betina siapkan 3 ekor saja.
  3. Penjodohoan dalam langkah ini akan sedikit memerlukan waktu lama, untuk proses penjodohan untuk pertama kali letakkan burung kenari jantan dan betina di beda kandang akan tetapi di dekatkan kandangnya lihatlah bagaimana perkembangnya apabila burung ini saling merospon satu sama lain dan saling mengenal baru keduanya di satu dalam satu kandang dan tunggu sampai masa reproduksi.
  4. Proses betelor dalam masa ini sebaiknya anda siapkan sarang pada kandang atau juga bis memberikan ranting dan dedaunan biar burung membikin sarangnya sendiri,setelah burung sudah mulai bertelor pada saat burung kenari betina sudah menetaskan telor 3 biji sebaiknya anda pisahkan burung kenari jantan pada kandang betina agar burung jantan memulihkan kondisinya dan biarkan burung betina mengerami telor sampai menetas.
  5. Merawat anakan kenari–> setelah di erami kurang lebih 14 sampai 16 hari maka telor-telor itu biasnya udah akan menetas, setelah menetas biarkan di kasih makan indukanya terlebih dahulu berikan, makanan berupa telor, bisa telor ayam atau telor puyuh yang sudah di rebus, setalah 12 sampai 14 hari anda bisa memisahkan dari induknya akan tetapi anda harus selalu meberikan makanan EF pada anakkan tersebut.

Catatan : Jagalah kebersihan kandang dan makanan setiap harinya.

Demikian tadi sedikit informas mengenai cara ternak kenari yang bisa admin sampaikan, semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang mau mencoba ternak kenari baik untuk hobi maupun bisnis, semoga usaha kita di lancarkan oleh tuhan amin.